12 Juli 2022 11:24 am

Gimana Sih, Tren Lipstick dari Waktu ke Waktu? Yuk, Simak Perkembangannya!

Gimana Sih, Tren Lipstick dari Waktu ke Waktu? Yuk, Simak Perkembangannya!

Hai beauty enthusiast!


Hai beauty enthusiast! Kalian pasti sadar deh kalau tren makeup pasti berkembang setiap tahunnya. Hal ini berlaku juga buat tren lipstick, loh. Perubahan tren terjadi karena adanya perubahan standar kecantikan yang dipengaruhi juga oleh dunia mode dan public figure yang menjadi icon. Contohnya, seperti Marylin Monroe dengan ciri khas lipstick merah menyalanya. Secara gak langsung, ciri khas tadi jadi tren di kalangan masyarakat dan termasuk pilihan warna lipstick populer pada masanya. Nah, udah penasaran kan dengan tren lipstick dari waktu ke waktu? Yuk, simak perkembangannya di bawah sini!


Tahun 1950-an


-






Seperti yang sudah disebut di atas, Marylin Monroe adalah salah satu icon atau idola yang populer dengan ciri khas lipstick merahnya. Selain lipstick merah menyala, lipstick berwarna pink pucat juga menjadi tren karena populer oleh Audrey Hepburn. Kedua tampilan tersebut menjadi tren karena warnanya yang kontras dan dapat disesuaikan dengan kepribadian masing-masing orang. Warna merah menyala yang diperkenalkan oleh Marylin Monroe mungkin cocok untuk pribadi yang ingin tampak lebih berani dan tampil mencolok, sedangkan warna pink pucat bisa digunakan saat ingin terlihat lebih kalem.


Tahun 1960 sampai 1970-an


Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest
Tren lipstick warna merah menyala pada era ini mulai ditinggalkan. Penggemar makeup mulai beralih ke lipstick warna pucat, seperti warna baby pink dan lavender. Buat yang penasaran kenapa tren lipstick jadi berwarna pucat, pada era ini riasan lebih berfokus pada area mata. Jadi, tampilan pun diseimbangkan dengan wana lipstick yang jauh lebih tone down dari era sebelumnya. Artis seperti Diana Ross adalah salah satu icon yang ikut meramaikan tren lipstick pucat era 1970-an.


Tahun 1980-an


Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest
Pilihan lipstick warna pucat ternyata gak bertahan lama dan tergantikan dengan tren lipstick warna gelap, seperti yang dipopulerkan oleh penyanyi Madonna pada masanya. Menariknya, berkembangnya tren ini ikut dipengaruhi oleh isu emansipasi wanita, sehingga perempuan pun jadi lebih berani dalam memilih warna lipstick yang bisa mencuri perhatian. Salah satu warna yang menjadi tren adalah warna merah gelap atau maroon. Tren warna gelap ini juga sekaligus mendukung tampilan tomboy dan androgynous yang sedang populer terjadi pada eranya.

Tahun 1990-an

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest
Pernah tau Naomi Campbell? Aktris dan model ini identik dengan lipstick berwarna cokelat dan plum, atau warna-warna “natural”. Gak hanya warna tersebut, lipstick berwarna terang seperti ungu juga populer digunakan. Jenis lipstick yang digunakan juga lebih bervariasi, loh! Selain lipstick matte, lip gloss dan lip liner banyak digunakan agar bibir tampak lebih dominan. Lip liner yang digunakan pun biasanya setingkat berwarna lebih gelap dibanding lipstick yang digunakan.


Tahun 2000-an


Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Masuk ke era 2000-an atau sering disebut Y2K, warna yang dipakai cenderung lebih lembut dan kalem, seperti beige, pink dan apricot. Tren lipstick matte benar-benar ditinggalkan. Meskipun tergolong jenis lipstick yang gak longlasting, orang-orang beralih sepenuhnya ke jenis lip gloss yang membuat bibir tampak lebih mengkilap dan menonjol. Salah satu hal yang membuat tren lipstick ini jadi marak digunakan adalah karena Paris Hilton sebagai icon yang terkenal dengan tren lipstick ini.

Tahun 2010 sampai saat ini

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest
Di era ini, fashion icon yang bermunculan sangat banyak dan tren lipstick pun lebih bervariasi. Kardashians adalah salah satu dari public figure yang populer pada masa sekarang dan ternyata juga turut mempengaruhi tren lipstick di dunia. Tren lipstick matte sempat jadi tren kembali dan warna-warna nude sangat laku dipakai dan bermunculan dimana-mana. Hampir semua brand lipstick berlomba-lomba mengeluarkan warna nude. Tren lipstick pada era sebelumnya juga kembali bermunculan, seperti tren lipstick Marylin Monroe dan tren lip gloss pada tahun 2000-an juga kembali digunakan, tentu dengan warna yang lebih bervariasi. Dengan munculnya tren lipstick yang lebih bervariasi, beauty enthusiast pun jadi punya pilihan lebih banyak untuk mengeksplor preferensi makeup dan dapat lebih bebas menonjolkan sisi yang ingin ditunjukkan kepada orang lain.

Nah, dari tren-tren di atas, mana yang jadi favorite kamu?
Blog Post Lainnya
Follow Us
Contact Us
087875749789
087875749789
hallo.jiera@gmail.com
Office Location
PT UNA BRANDS INDONESIA DUA WeWork Revenue Tower, SCBD, Lantai 27, Unit 106, Jl. Jenderal Sudirman No.52-53, Desa/Kelurahan Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Adm. Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta,12190
About Us
Jiera is a Part of managed by PT.UNA BRANDS INDONESIA DUA
@2024 Jiera Official Inc.