10 Juni 2022 10:39 am

Masih Bersihin Lipstick dengan Micellar Water? Ketahui Dampaknya!

Masih Bersihin Lipstick dengan Micellar Water? Ketahui Dampaknya!



Getty / Oppenheim Bernhard
Getty / Oppenheim Bernhard

Penggunaan makeup telah menjadi kebutuhan sehari-hari, entah untuk aktivitas di luar maupun mengisi free time saat di rumah. Mau makeup tebal atau pun tipis, membersihkan makeup wajib banget dilakukan sampai semua residu terangkat biar kulit kamu gak mengalami berbagai permasalahan kulit. Dari sekian banyak pembersih kosmetik, micellar water adalah salah satu makeup remover yang paling banyak digemari. Kalo dipikir-pikir, micellar water ini emang ajaib banget, sih. Teksturnya yang gak berbeda jauh dengan air biasa sangat mudah digunakan dan dapat mengangkat sisa kosmetik di wajah dengan cepat. Berbahan dasar air dan molekul minyak (micelles), efeknya bisa ngilangin kotoran dan sisa makeup di wajah dalam sekejap! Gak heran kan, kalau jenis produk ini banyak digemari karena praktis buat pemakaian sehari-hari?
Terkenal sebagai produk yang multifungsi, micellar water juga biasa digunakan untuk menghapus sisa lipstick. Nah, masalahnya, kulit bibir dan wajah terdiri dari anatomi yang berbeda. Coba aja lihat penampakan bibir kamu di depan cermin.. kelihatan kan, kalau bibir terdiri dari jaringan lunak yang tertutupi kulit tipis? Kulit tipis tersebut ternyata gak punya kelenjar keringat dan minyak yang bisa menjaga kondisi kulit bibir seperti yang dilakukan oleh jaringan kulit wajah. Oleh karena itu, kamu perlu sesuaikan pembersih lipstick yang cocok dengan keadaan kulit bibir. Sebenarnya, kalau mau cari micellar water yang kandungannya “aman” untuk semua bagian kulit, udah banyak kok brand dan jenis micellar water yang bisa disesuaiin sama kebutuhan kamu. Lagipula, gak semua micellar water mengandung alkoho. Ada juga micellar water yang kandungannya memang dirancang untuk sensitive skin. Nah, tapi ternyata masalahnya gak di situ aja guys! Meskipun udah banyak jenisnya, micellar water masih mengandung kadar air yang lebih tinggi dibanding kandungan minyaknya. Kurangnya kandungan minyak pada micellar water membuat gesekan antara bibir dengan kapas jadi lebih kesat. Karena pergesekan tersebut, bibir jadi kering, pecah-pecah, bahkan bisa menghitam dan luka. Kandungan minyaknya yang sedikit pun membuat residu lipstick, gak bisa terangkat sepenuhnya. Hal tersebut tentu bisa memicu munculnya permasalahan kulit bibir, seperti hilangnya kelembapan bibir, menghambat proses regenerasi kulit bibir, menyebabkan alergi karena sisa bahan kimia, hingga bikin bibir jadi lebih gelap.
Nah, solusinya kalian bisa beralih ke lipstick remover yang oil-based dan berbahan dasar alami untuk mengangkat residu lipstick dan menjaga kulit bibir yang memerlukan treatment berbeda dari kulit wajah. Berikut beberapa rekomendasi bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti micellar water biar bibir tetap lembut dan gak kering. Yuk, check it out!

Mentimun


Unsplash / Ananth Pai
Unsplash / Ananth Pai
Selain baik untuk kesehatan kulit wajah, mentimun ternyata dapat digunakan sebagai lipstick remover alami. Kandungan vitamin C dan sifat antiinflamasi dari mentimun dapat membantu membersihkan lipstick sekaligus menyegarkan bibir yang tertutup kosmetik seharian. Cara penggunaannya, kalian bisa haluskan satu buah mentimun bersama dua sendok makan olive oil dan air secukupnya. Lalu, balurkan campuran tersebut ke bibir dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Jangan lupa dibilas dengan air bersih yaa!

Yoghurt dan Coconut Oil


Unsplash / Nikolai Chernichenko
Unsplash / Nikolai Chernichenko

Unsplash / Towfiqu Barbhuiya
Unsplash / Towfiqu Barbhuiya

Hah? Yoghurt buat bersihin lipstick?!Iya guys, yoghurt ternyata produk berbahan dasar susu ini bisa buat bersihin lipstick sekaligus menutrisi bibir dengan kandungan protein, asam lemak dan antioksidan. Cara penggunaannya, campurkan dua sendok makan plain yoghurt dan satu sendok makan coconut oil. Lalu, aduk hingga menjadi bentuk pasta dan balurkan ke seluruh permukaan bibir. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air dingin biar bibir terasa segar.

Olive Oil


mr-plantes.com
mr-plantes.com

Bahan bertekstur oily tentu bisa mengikat kotoran pada permukaan bibir lebih banyak dibanding bahan lainnya. Penggunaannya pun mudah banget! Cukup oleskan olive oil ke permukaan bibir sambil dipijat, lalu bilas dengan air hangat. Tekstur olive oil yang ringan dan mengandung vitamin E dapat sekaligus melembapkan bibir setelah penggunaan lipstick, serta bisa mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Selain itu, olive oil juga bisa mencerahkan bibir kamu yang gelap loh! Jadi, efek menghapus lipstick dengan olive oil ini banyak banget manfaatnya buat bibir kalian.
Nah, misalkan kalian masih ragu untuk pake bahan-bahan mentah di bibir,


Jiera Lip Serum


penggunaan JIERA Lip Serum sebagai lipstick remover bisa jadi solusi terbaik karena sudah teruji untuk kesehatan. Selain bisa jadi lipcare harian, JIERA Lip Serum yang bertekstur oily, gak berwarna dan gak berbau, bisa jadi pengganti micellar water yang bisa dipakai sehari-hari. Kamu bisa punya lipcare dan lipstick remover in one jar, yang pastinya lebih praktis untuk dibawa bepergian. Kalian juga bisa konsultasi langsung ke ahlinya untuk cari tau bahan apa aja yang bisa jadi alternatif dari micellar water untuk menghapus lipstick.

Dari ketiga bahan di atas, mana yang jadi lipstick remover pilihan kamu?
Jiera Official
Jiera Official








Blog Post Lainnya
Follow Us
Contact Us
087875749789
087875749789
hallo.jiera@gmail.com
Office Location
PT UNA BRANDS INDONESIA DUA WeWork Revenue Tower, SCBD, Lantai 27, Unit 106, Jl. Jenderal Sudirman No.52-53, Desa/Kelurahan Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Adm. Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta,12190
About Us
Jiera is a Part of managed by PT.UNA BRANDS INDONESIA DUA
@2024 Jiera Official Inc.