21 Maret 2022 2:16 pm

Yuk, Kenalan Sama Saffron si Rempah Sultan!

Yuk, Kenalan Sama Saffron si Rempah Sultan!
Kalau kalian dengar kata ‘rempah’, apa hal pertama yang kalian pikirin?
Pasti kalian terpikir rempah-rempah Indonesia yang beragam, kaya manfaat dan juga bernilai tinggi. Nah, gak hanya rempah-rempah lokal, tetapi ada juga loh rempah impor yang ternyata punya banyak kegunaan dan merupakan rempah termahal di dunia. Baca lebih lanjut yuk!
Source from Google
Source from Google

Saffron atau Crocus sativus adalah tanaman yang berasal dari Iran dan kerap dijuluki sebagai “Emas Merah”. Alasannya, rempah ini adalah rempah termahal karena proses pertumbuhannya sangat sulit dan hanya sedikit dari bagian putik yang bisa digunakan sebagai rempah. Untuk satu gram rempah saffron saja, diperlukan 150 bunga saffron. Masing-masing bunga saffron pun hanya memiliki tiga putik yang bisa dijadikan rempah. Pembuatannya dipetik dan disortir langsung tanpa mesin, sehingga harganya bisa mencapai ratusan ribu per gram bahkan puluhan juta per kilogram! Mahal banget kan? Meskipun harganya mahal, rempah saffron ternyata punya banyak manfaat buat kesehatan loh! Cara pemakaiannya pun bisa langsung dipakai dalam bentuk rempah atau ekstrak. Nah, di artikel ini akan mengupas tuntas tentang manfaat rempah Crocus sativus. Baca sampai tuntas, ya!

Menurunkan Resiko Penyakit Kronis

Bunga saffron mengandung safranal, crocetin dan crocin yang bisa menurunkan pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Bahkan, kandungan ini bisa meningkatkan kematian sel juga, loh! Sifat antikanker ini muncul karena adanya kandungan apocarotenoid yang ada pada putik bunga saffron. Temuan ini disebut ampuh untuk pengobatan sel kanker dengan cara mengonsumsi saffron yang sudah diekstrak.

Pengobatan Pre Menstrual Syndrome (PMS)

Nah, para perempuan pasti pada sering ngalamin kan? Pre Mentstrual Syndrome (PMS) adalah gangguan paling umum yang terjadi pada perempuan yang berdampak pada kesehatan fisik dan emosional. Dampaknya memang berbeda-beda pada setiap orang, tetapi fase tersebut dapat menghambat kegiatan dan produktivitas seseorang. Oleh karena itu, mengonsumsi saffron dalam bentuk kapsul disertai dengan mengubah gaya hidup dengan meningkatkan aktivitas fisik dan makan makanan sehat terbukti bisa meringankan gejala PMS. 


Artikel tirto.id
Artikel tirto.id

Antiinflamasi pada Kulit

Dengan senyawa antioksidan, rempah yang juga disebut sebagai kuma kuma ini bisa digunakan sebagai antiinflamasi atau pereda peradangan pada kulit. Inflamasi atau peradangan pada kulit bisa terjadi pada bagian manapun, mulai dari kulit wajah, tubuh dan juga bibir. Beberapa penyebabnya karena terkena sinar UV secara langsung, alergi terhadap zat kimia tertentu hingga infeksi.

Kegunaan Ekstrak Saffron pada Kulit Bibir

Perawatan kulit bibir sering luput dari perhatian jika dibandingkan dengan kesehatan kulit bagian tubuh lainnya. Padahal, aktivitas sehar-hari yang sering dianggap sepele seperti sering makan makanan pedas, kurang minum air putih, merokok, serta mengelupas kulit bibir bisa menyebabkan kulit bibir kering jadi gak sehat loh! Ekstrak saffron ternyata terbukti ampuh menjadi solusi untuk menjaga bibir agar tetap sehat. Rutin menggunakan lip serum, lip booster, lip scrub serta lip care products lainnya yang mengandung bahan tersebut bisa jadi solusi untuk merawat maupun mengobati peradangan pada bibir. Untuk hasil yang maksimal, perlu juga untuk mengimbangi penggunaan lip care products tadi dengan rajin minum air putih serta menjaga pola hidup sehat yaa!


Blog Post Lainnya
Kencangkan Kulit Wajah Tanpa Treatment, Emang Bisa?Kalian pernah denger Gua sha ga? Jadi Gua sha itu adalah terapi tradisional Tiongkok dengan alat bermata halus untuk mengurangi ketegangan, dan mempercepat penyembuhan. Gak cuman itu aja, Gua sha juga diyakini dapat membantu mengencangkan wajah loh! Gua sha juga memiliki beberapa manfaat untuk kulit dan kesehatan secara keseluruhan:. Meningkatkan Sirkulasi Darah. Relaksasi Otot: Gerakan menggores lembut gua sha dapat membantu mengendurkan otot-otot wajah, sehingga ketegangan dapat berkurang dan penampilan menjadi lebih rileks. Gua sha dipercaya dapat membantu menghilangkan racun dan mengurangi bengkak di wajah. Pengurangan Stres: Tindakan melakukan gua sha mungkin memiliki efek relaksasi dan mengurangi stres, yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kalau kamu tertarik menggunakan teknik Gua sha, jangan lupa hal berikut ini ya:. Pilih salah satu alat gua sha yang terbuat dari berbagai bahan yang aman untuk kulit, seperti batu giok, kuarsa mawar, atau logam yang
Tips Agar Bulu Mata Kamu Lebih Lentik!Kalian pasti udah gak asing sama teknik ini! . Memanaskan penjepit bulu mata untuk membantu mendapatkan bulu mata yang lebih lentik loh! Teknik ini juga ternyata sudah diterapkan oleh banyak orang. Ternyata begini caranya: Bahan yang kamu butuhkam:. Penjepit bulu mata. hairdryer / air panas. Cermin. Maskara (opsional). Langkah:. Pastikan penjepit bulu mata kamu bersih dan bebas dari sisa riasan, karena dapat menyebabkan penjepit bulu mata menempel pada bulu mata. Ada dua metode yang bisa kamu pilih untuk memanaskan penjepit bulu mata:. Menggunakan hairdryer: Pegang penjepit bulu mata di bawah pengering rambut selama sekitar 10-15 detik. Pastikan suhunya tidak terlalu panas, agar kelopak mata atau bulu mata kamu terbakar. Uji suhu di pergelangan tangan sebelum menggunakannya di dekat mata. Menggunakan Air Panas: Rebus secangkir air dan biarkan agak dingin selama satu atau dua menit. Masukkan penjepit bulu mata ke dalam air panas (tetapi jangan sampai mendidih) selama beberapa detik
Follow Us
Contact Us
087875749789
087875749789
hallo.jiera@gmail.com
Office Location
PT UNA BRANDS INDONESIA DUA WeWork Revenue Tower, SCBD, Lantai 27, Unit 106, Jl. Jenderal Sudirman No.52-53, Desa/Kelurahan Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Adm. Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta,12190
About Us
Jiera is a Part of managed by PT.UNA BRANDS INDONESIA DUA
@2024 Jiera Official Inc.